2009/03/05

ETIKA BISNIS, ESENSI KEUNGGULAN BERSAING

ABSTRAKSI:
Berbicara soal etika bisnis, kita masuk pada pembicaraan yang sifatnya abstrak. Ada dua hal yang perlu kita mengerti sebelumnya, pertama kata ETIKA, dan kedua BISNIS. Etika, merupakan seperangkat kesepakatan umum untuk mengatur hubungan antar orang per orang atau orang per orang dengan masyarakat, atau masyarakat dengan masyarakat yang lain. Pengaturan tingkah laku ini perlu agar terjadi hubungan yang tidak saling merugikan. Berbagai kenyataan sosial mengenai berbagai skandal publik dan korporasi yang melanda dunia menciptakan gap kepercayaan (credibility gap) dalam pemerintahan dan dunia bisnis.
Relevansi etika bisnis mempunyai alasan yang mendasar antara lain : semakin menguatnya kekuasaan bisnis, baik pada tingkat nasional maupun internasional, meningkatnya tekanan sosial relative terhadap beberapa kegiatan bisnis tertentu, semakin pentingnya kekuasaan manajerial sebagai bagian dari kehidupan korporasi, kenyataan bahwa berbagai kelompok mempertaruhkan kepentingan yang berbeda dalam kegiatan perusahaan, kebutuhan akan self regulation, munculnya pertanyaan dari masyarakat terhadap bentuk atau jenis pendidikan bisnis yang harus disediakan oleh perguruan tinggi dan lain sebagainya.
Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (patokan/rambu-rambu) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan serasi.
Kata kunci : etika bisnis , self regulation, moral

Tidak ada komentar:

Posting Komentar